Tuesday, June 18, 2013

Gangguan Irama Jantung

Irama pada jantung tidak hanya menandakan bahwa seseorang masih hidup, tetapi juga mengirimkan signal dan memberi kabar jika telah terjadi sesuatu yang tidak beres di organ yang tidak pernah berhenti bekerja ini. Bila Anda mengalami irama jantung tiba-tiba menjadi pelan dan melemah, atau sebaliknya, seketika berdenyut cepat dan  menggedor-gedor dada Anda. Padahal kondisi Anda dalam keadaan stabil (tidak sedang pada kondisi emosi tertentu), itu artinya Anda mengalami gangguan irama jantung.

Pada keadaan normal dan istirahat. jantung akan berdenyut secara teratur antara 60-100 detak/menit. Kecepatan dari denyut jantung ditentukan oleh kecepatan dari signal listrik yang berasal dari pemacu jantung. Signal listrik dari SA node mengalir melalui kedua serambi. menyebabkan kedua serambi berkontraksi mengalirkan darah ke kedua bilik. Kemudian signal listrik ini mengalir melalui AV node mencapai kedua bilik. Ini menyebabkan kedua bilik berkontraksi memompa darah keseluruh tubuh dan menghasilkan denyutan (pulse). Waktu istirahat atau tidur, kecepatan signal listrik dari SA node melambat, jadi denyut jantung juga perlahan. Sebaliknya, jika kita tengah olah raga atau sedang jatuh cinta. kecepatan signal listrik dari SA node menjadi cepat sehingga denyut jantung juga menjadi cepat.

Kelainan terjadi bila irama jantung tidak ritmis atau teratur. kurang dari 60 kali per menit dan/atau lebih dari 100 kali/menit.

Berikut ini adalah beberapa gangguan irama jantung yang harus kita waspadai:
Kelainan irama jantung yang melambat (bradikard)
biasanya disebabkan oleh kurangnya impuls listrik, sehingga jantung tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu bisa juga disebabkan oleh inteksi virus dan pengaruh obat-obatan. Keadaan ini dapat menyebabkan si penderita mengalami pingsan. Keadaan ini umumnya terjadi pada usia 60 tahun keatas akibat degenerasi dari fungsi organ. Denyut jantung yang lambat ini bisa juga disebabkan oleh karena serangan jantung mendadak.

Kelainan   irama   jantung   yang   cepat   (takikardi)
merepresentasikan serangkaian denyut jantung yang teratur dan cepat yang bisa berasal dari serambi ataupun bilik jantung dan juga stasiun relay AV node. Takikardi yang paling sering ditemui adalah supraventrikel takikardi (SVT), dimana denyut jantung secara tiba-tiba akan menjadi sangat cepat sehingga pasien merasa berdrbar-debar. kadang disertai sesak nafas. dada terasa tidak nyaman dan mau pingsan. Penyebab yang paling sering dari SVT adalah kerusakan otot jantung akibat serangan jantung. Penyebab yang lain seperti kelainan genetik dari sel listrik bilik jantung. abnormal aktivitas listrik di daerah outflow tract bilik jantung dan perputaran (reentri) jalur konduksi di bilik jantung.

Synergy ProArgi-9 Plus mengurangi tekanan pada jantung, menjaga tekanan darah dan kekentalan darah pada tingkat yang normal, serta meningkatkan sirkulasi dan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan. Kandungan Nitric Oxide diakui sebagai bagian penting dari sistem pembuluh darah dan merupakan kunci kesehatan jantung jangka panjang. Konsumsi Synergy ProArgi-9 Plus 1-2 Sachet per hari akan menjauhkan Anda dari gangguan irama jantung dan berbagai macam masalah kesehatan jantung serta pembuluh darah lainnya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *