Wednesday, May 8, 2013

Jangan Abaikan Gusi Berdarah

Jangan abaikan gusi berdarah . Perdarahan pada gusi seringkali berhubungan dengan peradangan di gusi yang disebabkan oleh bakteri di mulut. Fakta menunjukkan, peradangan gusi memiliki andil menimbulkan penyakit jantung dan stroke. Jangan tunggu sampai sakit gigi, periksakan gigi setiap 6 bulan sekali.

Radang gusi berpotensi menimbulkan fokal infeksi. Umumnya dari radang tersebut bisa menghasilkan bakteri jenis gram negatif anaerob. Bakteri tersebut kemudian mengikuti aliran darah. Selanjutnya mengeluarkan toksin berupa endotoksin yang bisa menimbulkan plak pada pembuluh darah di jantung. Kondisi itu dapat menimbulkan gangguan jantung.

Di dalam mulut kita ada jutaan bakteri. Bakteri tersebut berada di antara sela-sela gigi, di balik gusi, dan ujung akar gigi yang sudah berlubang. Menyikat gigi rutin dua kali sehari adalah salah satu cara untuk menyeimbangkan jumlah bakteri. Jadi, ingat yah, jangan abaikan gusi berdarah karena seperti telah dibahas, jika dibiarkan akibatnya akan lebih dari sekedar menimbulkan radang gusi.

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *